Sambal Goreng Ati Kentang

Sambal Goreng Ati Kentang. Sambal goreng ati juga cocok untuk kamu sajikan saat berkumpul bersama keluarga. Momen yang tepat adalah pada Lebaran Idul Fitri. Agar sambal goreng ati tidak amis di lidah, penting buatmu untuk menggunakan asam jawa dan gula jawa yang cukup.

Sambal Goreng Ati Kentang Menu sambal goreng kentang ini sangat cocok sekali untuk dihidangkan ketika hari lebaran. Lebih nikmat jika anda juga menyajikan opor ayam. Lihat juga resep Sambal goreng kentang jantung ayam enak lainnya! You can cook Sambal Goreng Ati Kentang using 20 ingredients and 8 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Sambal Goreng Ati Kentang

  1. It's 1/2 kg of Kentang.
  2. You need 2 Buah of wortel.
  3. It's 1/4 of Ati Ayam.
  4. You need 1/4 of Minyak goreng (untuk menggoreng).
  5. Prepare of Santan cair (aku pake kara yg kemasan kecil).
  6. It's of Gula merah (secukupnya).
  7. It's 1 sdm of Gula pasir.
  8. You need 1/2 sdm of Garam.
  9. It's of Merica bubuk (secukupnya).
  10. You need of Penyedap Rasa (secukupnya).
  11. It's 2 lembar of daun salam + sereh.
  12. It's of Bumbu Halus:.
  13. It's 3 Siung of bawang merah.
  14. Prepare 4 Siung of bawang putih.
  15. Prepare 2 Buah of cabe merah besar.
  16. It's 8 Buah of cabe keriting merah (bisa diganti pake cabe rawit).
  17. Prepare 2 buah of tomat.
  18. It's 3 cm of Jahe.
  19. You need 6 Buah of kemiri.
  20. It's 1/2 sdm of Ketumbar bubuk.

Cara Membuat Sambal Goreng Ati Kentang Yang Mudah Dan Cepat. Langkah pertama siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya. Tunggu sampai minyak panas lalu masukkan dan goreng kentang yang sudah dipotong dadu sampai matang kemudian angkat dan tiriskan sampai minyaknya. Sambal goreng kentang adalah salah satu contoh hidangan tradisional Indonesia yang memiliki rasa pedas, gurih, manis, dan disukai banyak orang.

Sambal Goreng Ati Kentang instructions

  1. Kupas kentang dan wortel cuci, lalau potong² dadu...
  2. Panaskan minyak, goreng kentang dan wortelnya hingga matang. Lalu sisihkan.
  3. Ati ayamnya janagan lupa direbus dulu..kasih daun salam biar harum..setelah atinya matang potong dadu..lalu sisihkan..
  4. Haluskan semua bahan bumbu yg harus di haluskan. (aku pake blender untuk menghaluskannya).
  5. Panaskan wajan dan beri sedikit minyak untuk menumis.
  6. Tumis bumbu halus hingga harum..lalau masukan daun salam, sereh dan jangan lupa masukan sedikit garam,gula, gula merah, merica bubuk dan sedikit penyedap rasa..terakhir masukan santan biarkan sedikit mengental bumbunya dan koreksi rasa.
  7. Lalu setelah bumbunya mengental masukan ati ayamnya..biarkan sebentar agar bumbunya menyerap...
  8. Terakhir satukan kentang yg tadi sudah digoreng lalau aduk² hingga bumbunya merata, pake api kecil ya..diamkan beberapa saat..setelah matang angkat dan sajikan.. Bagusnya setelah disajikan ditaburi sedikit bawang goreng biar tampilanya lebih menarik lagi ya😉👍.

Apalagi sambal goreng kentang ini tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai makanan pelengkap. Masukkan hati sapi, aduk dan masak terus hingga hati berubah warna dan matang. Kentang yang telah digoreng dimasak dengan bumbu sambal yang pedas dan ati goreng yang gurih, menjadikan menu ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Lumuri hati ayam dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis. Resep Sambal Goreng Ati Pelengkap Ketupat Lebaran.