Sambal Goreng Ati Ampela Ayam

Sambal Goreng Ati Ampela Ayam. Sambal goreng ati ampela pedas. foto: Instagram/@doctordailykitchen. Sajian sambal goreng memang cocok dipadukan dengan bahan yang bercitarasa khas dan kuat, seperti hati ampela ayam ini. Sebelum digoreng dengan sambal, hati ampela harus direbus dulu hingga empuk dan hilang bau tak sedapnya.

Sambal Goreng Ati Ampela Ayam Cara membuat sambal goreng ati ini cukup mudah dan gampang diikuti kok. Biasanya sambal goreng ati ampela jadi pendamping sempurna untuk makanan berkuah santan. Misalnya lontong sayur hingga opor ayam yang biasa hadir dalam perayaan besar. You can have Sambal Goreng Ati Ampela Ayam using 27 ingredients and 8 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Sambal Goreng Ati Ampela Ayam

  1. You need 750 gram of ati ampela ayam + jantung.
  2. It's 5 sdm of minyak goreng, untuk menumis.
  3. It's Secukupnya of minyak goreng untuk menggoreng hati.
  4. Prepare 2-3 gelas belimbing of air matang.
  5. It's 1 sdm of garam.
  6. Prepare 1 sdm of gula pasir.
  7. You need 1/2 sdt of kaldu ayam bubuk, jika suka.
  8. It's 5-6 sdm of kecap manis/sesuai selera.
  9. It's of 😊 Bahan perendam ati ampela:.
  10. It's 1 sdt of garam.
  11. Prepare 1 sdt of asam jawa.
  12. You need of 😊 Bumbu halus:.
  13. Prepare 6 siung of bawang merah.
  14. Prepare 4 siung of bawang putih.
  15. Prepare 8 buah of cabai merah.
  16. Prepare 8 buah of cabai rawit orange.
  17. Prepare 7 butir of kemiri.
  18. You need 3 cm of langkuas.
  19. It's 2 cm of jahe.
  20. It's 1 sdt of terasi.
  21. You need of 😊 Bumbu Cemplung:.
  22. Prepare 4 lembar of daun jeruk.
  23. You need 2 lembar of daun salam.
  24. It's 4 buah of cabai merah, iris tipis.
  25. Prepare 1 batang of serai, geprek.
  26. You need 1 sdt of asam jawa.
  27. Prepare 2 sdm of gula merah.

Namun, sambal goreng ati juga cocok dijadikan lauk harian pendamping nasi. Untuk anda yang ingin segera mencoba resep sambal goreng kentang ati ampela ini sebaiknya pribadi saja mempraktekannya di rumah. Sehingga nantinya anda sanggup tahu apakah sudah lezat atau belum dan saat lebaran nanti anda sudah sanggup menyajikan opor ayam dan sambal goreng. Resep Masak Sambal Balado Ati Ampela Dapurharian.

Sambal Goreng Ati Ampela Ayam step by step

  1. Pertama, cuci bersih hati ampela dan jatungnya. Potong potong sesuai selera, kemudian rendam dalam bumbu perendam kurleb 30 menit. Sisihkan..
  2. Sementara kita menunggu hati ampela yg sedang direndam, kita siapkan bahan lainnya. Siapkan bahan bahan yang akan dihaluskan. Boleh pakai blender atau diulek. Aku mah blenderan aja biar cepet hehehe.
  3. Siapkan juga bumbu cemplung dan bahan lainnya..
  4. Jika sudah 30 menit waktu perendaman, panaskan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ati ampela. Goreng hingga matang, angkat tiriskan..
  5. Setelah itu, panaskan minyak untuk menumis bumbu. Tumis bumbu halus beserta daun salam, daun jeruk, dan serai. Tumis hingga bumbu matang dan harum..
  6. Lalu masukan air, garam, gula pasir, gula merah, asam jawa, kaldu ayam bubuk, dan kecap manis. Aduk rata. Masak hingga bumbu mendidih..
  7. Kemudian masukan ati ampela ayam yg sudah digoreng, aduk rata. Masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut dan kental..
  8. Terakhir masukan irisan cabai merah, aduk rata. Masak sebentar saja hingga cabai layu. Selesai deeeehh, pindahkan ke piring saji dan siap dihidangkan... Selamat mencoba ;).

Resep Sambal Goreng Ati - Sambal memang masakan yang memiliki banyak sekali kreasi. Bahkan cocok dipadukan dengan bahan makanan apa pun, termasuk ati. Berbahan dasar hati ayam maupun hati sapi, sambal goreng ati menjadi santapan yang sangat lezat untuk dihidangkan di meja makan. Lihat juga resep Sambal Goreng Hati Ampela & Kentang enak lainnya! Sambal goreng ati ampela seakan sudah menjadi tradisi yang turun temurun bagi masyarakat Jawa dan sekitarnya.