Sambal goreng ati ampela ala2

Sambal goreng ati ampela ala2. Salah satu menu andalan sambal ala rumahan adalah sambal goreng ati. Menu yang satu ini banyak peminatnya. Sambal goreng kentang ampela ati. foto: Instagram/@laila_umi.

Sambal goreng ati ampela ala2 Cara membuat sambal goreng ati kentang ini cukup mudah dan gampang diikuti kok. Jadi kita bisa membuat resep masakan spesial untuk menu masakan sehari-hari di rumah dengan mudah dan cepat. Sajian sambal goreng memang cocok dipadukan dengan bahan yang bercitarasa khas dan kuat, seperti hati ampela ayam ini. You can have Sambal goreng ati ampela ala2 using 27 ingredients and 3 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Sambal goreng ati ampela ala2

  1. Prepare 6 buah of kentang.
  2. You need 5 buah of ati ayam.
  3. Prepare 5 buah of ampela.
  4. Prepare of Jeruk nipis.
  5. You need 1 ruas of jahe (geprek).
  6. It's 1 batang of serai(geprek).
  7. Prepare 2 lembar of daun salam.
  8. You need 2 lembar of daun jeruk.
  9. It's of Bumbu halus.
  10. It's 7 siung of bawang merah.
  11. It's 4 siung of bawang putih.
  12. It's 4 buah of cabe merah keriting.
  13. It's 1 buah of cabe rawit orange.
  14. Prepare 2 butir of kemiri.
  15. It's Sedikit of terasi.
  16. It's 1 batang of serai, ambil putihnya geprek.
  17. Prepare 2 lembar of daun salam.
  18. You need 1 of ruang lengkuas (geprek).
  19. It's 3 lembar of daun jeruk.
  20. You need secukupnya of Garam.
  21. It's sedikit of Gula merah.
  22. You need secukupnya of Gula putih.
  23. You need secukupnya of Merica bubuk.
  24. It's secukupnya of Penyedap rasa.
  25. It's secukupnya of Kaldu bubuk.
  26. You need secukupnya of Air.
  27. Prepare secukupnya of Minyak.

Sebelum digoreng dengan sambal, hati ampela harus direbus dulu hingga empuk dan hilang bau tak sedapnya. Learn to make this popular Javanese sambal goreng kentang that is perfect to go with rice or lontong. DID You make this sambal goreng kentang recipe? I love it when you guys snap a photo and tag to show me what you've made 🙂 Simply tag me @WhatToCookToday.

Sambal goreng ati ampela ala2 instructions

  1. Bersihkan ati ampela lalu cuci bersih dan beri perasan jeruk nipis, diamkan 15 menit. Lalu cuci bersih lagi dan rebus dengan serai, jahe, daun salam, dan daun jeruk sampai matang. Jika sudah matang, angkat dan potong2 sesuai selera. Sisihkan.
  2. Kupas kentang dan cuci bersih kemudian goreng sampai matang. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, gula merah, serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk sampai matang. Lalu beri air aduk2 dan masukan ati ampela, kentang, garam, gula putih, penyedap dan kaldu bubuk aduk rata masak sampai air menyusut. Angkat dan sajikan..

Sambal goreng ati ampela seakan sudah menjadi tradisi yang turun temurun bagi masyarakat Jawa dan sekitarnya. Kuliner ini sangat cocok bagi Anda pecinta makanan pedas. Dengan kombinasi cabe rawit dan pete yang khas, sambal ati ampela akan menggoyang lidah siapa saja yang menikmatinya. Sambal goreng kentang ati ampela ini cara buatnya mudah, ga perlu pakai bumbu Resep mudah sambal goreng ati ampela tahu ala dapur ab Bahan bahan sambal goreng ati. SAMBAL GORENG KENTANG ~Jika anda pergi dalam suatu acara syukuran atau di desa disebut dengan slametan, maka anda akan selalu menemui Biasanya ada sambal goreng juga di masak bersama ati ampela dan pete.